Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil.

Galeri Video

Agenda

Polling

Pelayanan Apa Yang Paling Memuaskan Di Dinas Kependudukan dan Capil ?
  Surat Pindah
  Kartu Tanda Penduduk
  Kartu Keluarga
  Akta Kelahiran

Hukum

Benahi Irigasi

Masyarakat Taram Gelar Gerbang Gor

Thursday, 02 November 2015 - 13:07:59 WIB | dibaca: 1195 pembaca

Wakil Bupati Asyirwan Yunus ikut bergotong royong (goro) membersihkan saluran irigasi Sawah Ladang dengan masyarakat Jorong Subarang Nagari Taram, Sen

TAK ada biaya sepertinya bukan halangan bagi masyarakat Jorong Subarang Nagari Taram Kecamatan Harau untuk melakukan kegiatan pembangunan. Buktinya, hanya dengan semangat gotong royong, masyarakat setempat bisa membenahi saluran irigasi yang membentang di sepanjang areal persawahan di jorongnya.

“Usai gotong royong membersihkan dan memperbaiki saluran bandar hari ini, areal persawahan yang sebelumnya sempat terlantar akibat ketiadaan air, kini bisa digarap lagi,” ungkap Wali Nagari Taram Gusnedy kepada Sinamar di sela acara gotong royong membersihkan saluran irigasi Sawah Ladang Jorong Subarang yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Lima Puluh Kota Asyirwan Yunus, Senin (2/11).

Dikatakan, selama ini budaya gotong royong tetap hidup dan terpelihara dalam keseharian masyarakat Taram. Hal itu sesuai dengan semangat gerakan pembangunan gotong royong (Gerbang Gor) yang telah dicanangkan selama kepemimpinan Bupati Lima Puluh Kota Alis Marajo.

Bagi masyarakat Taram, gotong royong itu tak hanya berlaku dalam pemeliharaan berbagai fasilitas umum, tempat ibadah dan sekolah-sekolah, namun juga buat pembersihan serta perbaikan saluran irigasi yang ada di nagarinya.

“Kalau sekedar untuk pemeliharaan saluran irigasi, selama ini masih bisa kami tanggulangi dengan kegiatan gotong royong seperti yang dilakukan hari ini. Tapi untuk membangun bendungan untuk mendapatkan irigasi yang lebih optimal, tentunya kami berharap adanya bantuan dari pemerintah,” ujar Gusnedy.

Setali tiga uang, hal senada ikut disampailkan Wakil Bupati Asyirwan Yunus. Dalam sambutannya di hadapan masyarakat usai gotong royong, Wabup mengatakan, gerakan pembangunan gotong royong (Gerbang Gor) yang selama ini diapungkan Pemkab Lima Puluh Kota merupakan salahsatu upaya mengantisipasi setiap kebutuhan pembangunan yang mendesak.

“Gerbang Gor yang selama ini kita laksanakan di berbagai nagari selama ini merupakan kegiatan pembangunan mendesak yang belum atau tidak memiliki anggaran di dalam APBD. Kendati tidak ada biaya, tapi kegiatan mendesak itu tetap bisa dilaksanakan dengan partisipasi masyarakat,” ungkap Asyirwan.

Menyikapi banyaknya kegiatan pembangunan di daerah ini yang butuh penangan segera, Asyirwan mengajak masyarakat untuk terus menghidupkan budaya gotong royong. Namun, untuk kegiatan yang butuh pembiayaan besar seperti halnya pembangunan bendungan irigasi baru, Asyirwan menyebut Pemkab Lima Puluh Kota jelas akan menyikapinya.

“Pertanian merupakan sektor prioritas bagi daerah ini. Apapun yang terkait dengan pembangunan sektor pertanian tersebut tentu akan kita dukung,” ujar Asyirwan sembari menyerahkan bantuan dana untuk kegiatan gotong royong di jorong tersebut kepada wali nagari.

Ikut hadir dalam gotong royong itu sejumlah kepala SKPD, Camat dan muspika Harau. Dalam kegiatan gotong royong itu, masyarakat berhasil membersihkan tali bandar hingga ke hamparan persawahan Sawah Ladang. (gun)




Statistik

Pengunjung hari ini: 22
Total pengunjung: 6799
Hits hari ini: 49
Total Hits: 28469
Pengunjung Online: 1

Banner

Saran

Untitled Document