Kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia telah menjadi sorotan berbagai pihak terutama oleh masyarakat, kalangan akademis, praktisi, dan media massa. Berbagai keluhan sudah umum disuarakan seperti pelayanan yang berbelit, adanya calo dan pungutan liar, waktu pelayanan dan persyaratan lainnya. Pelayanan menjadi salah satu indikator keberhasilan penyelenggara pemerintah terhadap tingkat kepuasan masyarakat, meskipun demikian mewujudkan kepuasan secara menyeluruh tidaklah mudah, apalagi masyarakat sekarang lebih kritis dan betul-betul telah memahami haknya dengan semaksimal mungkin untuk mendapatkan kepuasan kebutuhan.
Mengantisipasi permasalahan tersebut, Disdukcapil Lima Puluh Kota bertekad untuk melawan permasalahan itu semua. Dua terobosan besar yang terus digenjot oleh Ir. Refilza selaku Kadis Dukcapil Lima Puluh Kota kepada seluruh pegawai adalah Bangun Integritas dan Optimalisasi Layanan Online. Integritas diperlukan dalam pelayanan publik sebab tidak maksimalnya pelayanan publik salah satunya dikarenakan terjangkitnya pelayan publik yang tidak berintegritas dan perilaku koruptif. Oleh karena itu Integritas yang baik sangat diperlukan untuk pelayanan publik yang baik dan maksimal. Pribadi yang berintegritas umumnya memiliki sifat jujur dan karakter yang kuat serta proaktif dalam segala urusan.
Pelayanan online Disdukcapil Limapulukota melalui smartdukcapil.limapuluhkotakab.go.id juga menjadi jurang pemutus merembaknya calo dan pungli kepada masyarakat. Calo tidak bisa bergerak bebas memainkan aksinya karena masyarakat sudah dengan mudah menikmati layanan dari ponsel mereka masing-masing. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi calo meminta uang pemulus kepada masyarakat karena layanan administrasi kependudukan di Disdukcapil Lima Puluh Kota sudah bisa diakses dengan mudah.
Ir. Refilza juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengaduan ke Disdukcapil Lima Puluh Kota jika ada Calo dan Pungli yang terjadi di Lingkungan Disdukcapil Lima Puluh Kota “Kami menghimbau seluruh masyarakat agar bekerjasama dengan kami untuk memberikan laporan jika ada Calo dan pungli yang terjadi di Disdukcapil Lima Puluh Kota. Ketika pelayanan dari Pegawai sudah baik dan berintegritas, kerjasama dari masyarakat juga sudah baik. Tujuan kita menuju masyarakat Lima Puluh Kota bahagia akan mudah tercapai” (fikri)
Feedback